Mengoptimalkan Built-In Webcam

Teknologi internet menjadikan kita mampu menerobos dimensi waktu dan tempat.  Kini bahkan dengan teknologi webcam komunikasi tidak hanya bisa dilakukan melalui tulisan atau suara. Komunikasi “face to face” a-la dunia maya pun mudah dilakukan.

Webcam atau web camera merupakan sebutan bagi  kamera yang hasil gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui internet. Efisiensi dan keefektifan webcam, semakin dimaksimalkan dengan adanya built in webcam. Built-in webcam merupakan istilah untuk webcam yang telah menyatu dengan perangkat seperti notebook atau netbook. Adanya built-in webcam ini, memudahkan kita untuk dapat memanfaatkan kegunaan webcam seperti video conferencing, internet dating, video messaging, home monitoring, images sharing, video interview, dan video phone-call, kapanpun dan dimanapun. Pemanfaatannya dapat melalui beberapa program instant messaging seperti Yahoo Messenger, AOL Instant Messenger (AIM), Windows Live Messenger, dan Skype.

Sayangnya kemudahan mengaplikasikan webcam, seringkali tidak didukung oleh kualitas webcam yang baik. Keterbatasan resolusi perangkat dengan built-in webcam merupakan kendala yang sering menjadi masalah. Umumnya built-in webcam memiliki resolusi sekitar 352×288, 640×480 dan 1 MP, sehingga gambar yang dihasilkan memang tidak berkualitas baik.

Untuk memaksimalkan penggunaan built-in webcam pada NoteBook atau NetBook Acer, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

Perhatikan sumber cahaya.

Sumber cahaya indoor umumnya didapatkan melalui lampu ruangan. Penggunaan cahaya dengan lampu neon, memang menghasilkan penerangan ruangan yang baik, tetapi peletakannya yang tidak fokus mengarah ke objek, justru membuat tampilan objek menjadi kusam dan pudar. Untuk memaksimalkan gambar webcam, sebaiknya gunakan penerangan yang lebih natural , seperti lampu bohlam yang dapat diatur posisinya mengarah ke wajah atau objek.

Pilih latar belakang yang baik

Faktor ini seringkali diabaikan banyak pengguna webcam. Padahal latar belakang ini, juga menentukan tampilan gambar. Dianjurkan untuk memilih latar belakang dengan warna yang solid. Bisa dipilih warna yang gelap ataupun terang. Keduanya bisa memperkuat tampilan gambar.

Hindari juga peletakan objek pada latar belakang, yang bisa menimbulkan refleksi pada webcam atau layar monitor.

Jangan lupakan monitor Anda.

Refleksi gambar tidak bisa dilepaskan juga dari pengaturan cahaya pada monitor Anda. Misalkan saja pengaturan brightness yang terlalu terang. Cahaya dari layar monitor yang terlalu terang secara langsung akan terpantul ke wajah Anda sehingga membuat hasil gambar dari webcam menjadi pudar dan kusam.

Kecepatan Internet

Sementara, untuk perangkat yang telah dilengkapi built-in camera beresolusi cukup tinggi, perlu diperhatikan juga bahwa semakin besar resolusi yang digunakan, diperlukan kecepatan internet yang semakin tinggi. Misalkan untuk streaming video, dibutuhkan minimal 15 frame per second (fps) atau idealnya 30 fps.  Jika tidak didukung kecepatan internet yang memadai, tetap saja transfer gambar tidak akan maksimal.
Sekarang Anda dapat mulai berhenti membaca dan mulai berkomunikasi dengan webcam di NoteBook atau NetBook Acer Anda 😉

Related Article

545 Responses to Mengoptimalkan Built-In Webcam

 

  1. inho says:

    Webcam Max saya tidak bisa terbuka bila digunakan di camfrog…Aspire E1-410 bagaimana solusinya…..

    1. Dr. Acer says:

      Dear Inho, sudah coba gunakan aplikasi webcam seperti Skype untuk membuka webcam? Jika pada aplikasi lain webcam dapat digunakan, kemungkinan ada problem/bug pada aplikasi yang kamu sebutkan.

© 2015 Acer Indonesia. All rights reserved